6 Nutrisi Penting Saat Masa Menyusui - Who Is Next

Hot

Sabtu, 04 Januari 2020

6 Nutrisi Penting Saat Masa Menyusui

madu salah satu asupan yang penuh nutrisi untuk ibu hamil

Seorang ibu pasti ingin selalu memberikan yang terbaik untuk anaknya, termasuk selama masa menyusui sang buah hati. Ibu yang sedang menyusui harus memenuhi nutrisi harian dengan baik, agar dapat menghasilkan ASI yang berkualitas yang akan membantu tumbuh kembang sang bayi.
Secara alami, ASI memang mengandung seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi, yang mana kuantitas dan konsentrasi dalam ASI sangat dipengaruhi oleh pola makan sang ibu. Selain mengonsumsi makanan yang berkalori seperti nasi, berikut ini adalah beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat menyusui, berdasarkan guesehat.com

1.    Asam Lemak
Lemak merupakan sumber utama kalori pada bayi, yang juga berperan sebagai energi dan bermanfaat untuk membangun jaringan otak. Itulah sebabnya ibu harus mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak tinggi, yang terdapat dalam ikan salmon, ikan kembung, daging sapi, dan kacang-kacangan.

2.    Protein
Dilansir dari guesehat,com, vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat menyusui termasuk asam amino. Asam amino yang terkandung dalam protein berfungsi untuk membangun jaringan tubuh bayi. Protein nabati bisa didapatkan dari tahu,tempe, dan edamame. Sedangkan protein hewani bisa didapatkan dari daging sapi, daging ayam, dan belut.

3.    Vitamin B Kompleks
Vitamin B bisa Anda temukan dalam beras merah, kenari, kacang hijau, kacang merah, tempe, tahu, dan edamame. Selain itu, ada juga vitamin B yang terdapat dalam daging sapi, daging ayam, ikan, telur, plain yogurt, jamur, dan sayuran hijau.

4.    Vitamin C
Vitamin C berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan berfungsi untuk menyerap mineral. Sehingga, ibu yang menyusui memang harus mengonsumsi vitamin C, yang terkandung dalam jeruk, mangga, nanas, pepaya, stroberi, dan buah-buahan lainnya yang berwarna cerah.

5.    Kalsium dan Zat Besi
Kalsium merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi untuk pembentukan tulang dan gigi. Sedangkan zat besi berperan dalam membentuk sel darah merah. Keduanya kandungan ini merupakan vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat menyusui, yang bisa didapatkan pada kuning telur, umbi-umbian, ikan, kepiting, kerang, dan udang.

6.    Yodium
Yodium dalam ASI dibutuhkan untuk membentuk protein untuk menunjang pertumbuhan fisik dan otak bayi pada usia 0 – 6 bulan. Zat yodium biasanya terdapat dalam ikan, seafood, rumput laut, garam, nanas, stroberi, dan kacang tanah.
Upayakan agar keenam nutrisi tersebut selalu terpenuhi. Tujuannya agar ibu dan bayi nantinya selalu dalam keadaan sehat.