Membantu Pasien Diabetes Menyembuhkan Luka - Who Is Next

Hot

Kamis, 14 November 2019

Membantu Pasien Diabetes Menyembuhkan Luka


Saat menderita diabetes, kadar gula dalam darah akan meningkat lebih cepat. Tapi tak hanya itu, penderita diabetes juga berpotensi mengalami komplikasi mengingat darah merupakan elemen penting bagi tubuh. Luka yang diderita akan menjadi lebih lama sembuh saat seseorang mengalami diabetes. Meski sudah ada obat mengobati luka pada pasien diabetes yang bisa mempercepat penyembuhan, tetap saja penyembuhannya tidak semudah yang dibayangkan. Untuk itu, ketahui lebih dulu cara pengobatan luka pada penderita diabetes dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

Ketahui penyebab luka susah sembuh
Tidak seperti orang normal, penderita diabetes cenderung lebih sulit dalam proses penyembuhan luka. Mengapa demikian? Hal inilah yang perlu Anda ketahui lebih dulu sebelum melakukan proses pengobatan luka kepada para penderita diabetes.
Penyembuhan luka pada penderita diabetes tidak bisa berjalan normal karena kadar gula yang tinggi pada darah penderitanya. Kadar gula yang tinggi tersebut memicu pengerasan pada dinding pembuluh darah. Sehingga, aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh juga akan terhambat. Lalu, apa hubungannya dengan luka yang lebih lama s
embuh? Untuk memperbaiki jaringan kulit yang terluka, tubuh membutuhkan oksigen dan nutrisi. Saat aliran darah tidak normal akibat diabetes, maka proses penyembuhan akan berlangsung lebih lama dan lebih sulit.

Jangan Beri Tekanan Pada Area Luka
Saat kita memiliki luka, maka kita tidak boleh sembarangan dalam bergerak terutama pada area sekitar luka. Karena, gerakan yang terlalu aktif bisa saja tanpa disadari menimbulkan tekanan pada luka. Tekanan tersebut perlu dihindari terutama pada penderita diabetes karena bisa membuat proses penyembuhan luka jadi semakin lama.
Adanya tekanan pada luka bisa mengakibatkan proses regenerasi sel berjalan lebih lama dari biasanya. Ini disebabkan kondisi luka jadi semakin parah dan mau tidak mau membuat proses regenerasi tidak berkembang seperti yang direncanakan. Hindari tekanan berlebih pada area luka dengan menutupinya menggunakan perban atau kasa. Kurangi juga aktivitas yang berlebihan untuk meminimalisir potensi infeksi pada luka.
Demikian cara pengobatan luka bagi para penderita diabetes yang bisa Anda lakukan. Anda juga bisa mengetahui cara mengobati pasien diabetes gue sehat melalui artikel-artikelnya. Untuk mendapatkan obatnya, Anda juga bisa mendapatkannya di apotik bebas tanpa resep. Selamat mencoba!