Cerdas Berinvestasi pada SBR - Who Is Next

Hot

Rabu, 27 November 2019

Cerdas Berinvestasi pada SBR

ilustrasi proses investasi SBR dari OJK

Investasi Savings Bond Ritel atau yang biasa disebut investasi SBR adalah instrumen pembiayaan yang ditawarkan oleh pemerintah kepada individu masyarakat Indonesia. Investasi ini diklaim sebagai investasi yang aman, mudah, menguntungkan, dan terjangkau. SBR yang dikeluarkan pemerintah memiliki seri yang selalu berganti tiap periodenya. Pada tahun 2019, SBR yang ditawarkan adalah SBR008.

Apa keuntungan yang kita dapat saat berinvestasi pada SBR pemerintah?

1.    Disediakan fasilitas Early Redemption
Early redemption merupakan keuntungan tersendiri bagi investor karena dapat menerima sebagian pelunasan pokok sebelum jatuh tempo. Jumlah maksimal yang bisa diajukan maksimal sebesar 50%. Namun, hanya investor dengan kepemilikan minimal Rp 2 juta yang bisa mengklaim fasilitas ini. Pengajuannya bisa dilakukan di Mitra Distribusi yang bekerja sama dengan pemerintah (ref: id.tanamduit.com).

2.    Adanya kupon mengambang dengan kupon minimal

Kupon mengambang yang dimaksud akan mengikuti besaran perubahan BI yaitu 7 Day Reserve Repo Rate yang terjadi pada setiap tiga bulan sekali. Kupon mengambang ini dapat menambah kupon minimal yang ditetapkan di awal pembelian. Meskipun pengembalian kupon tidak selalu sama di setiap pembayaran kuponnya.
Selain keuntungan mendapatkan dua kebijakan dalam kupon SBR, keuntungan yang lain adalah kupon akan dibayarkan setiap tanggal 10 di setiap bulannya dengan masa jatuh tempo SBR selama 2 tahun. 

3.    Potensi risiko kecil
SBR yang dikeluarkan oleh pemerintah pastinya dijamin oleh negara karena dengan melakukan investasi ini berarti juga ikut berkontribusi untuk peningkatan pembangunan nasional. Risiko yang dimiliki termasuk kecil karena tidak akan gagal bayar, kupon mengambang dan kupon minimal tidak dipengaruhi oleh suku bunga, dan fasilitas pencairan bisa lebih cepat.

4.    Kesempatan memulai asuransi dengan keuntungan SBR
Dari hasil yang telah Anda dapatkan, Anda bisa memulai mengajukan asuransi untuk masa depan keluarga Anda. Pilihlah produk asuransi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan cocok untuk Anda. Pada saat ini banyak perusahaan fintech yang memiliki kedua layanan tersebut yaitu investasi dan asuransi. Dengan begitu keuangan Anda akan teratur dan memiliki dana yang menjanjikan di masa depan.
Investasi dan asuransi adalah kedua hal yang memiliki tujuan sama yaitu mengamankan aset yang dimiliki dan menumbuhkan hasil melebihi tabungan. Namun, untuk risiko yang akan terjadi juga harus Anda kelola dengan baik. Manfaatkan layanan-layanan yang ada untuk menunjang kehidupan yang lebih baik.