Pentingkah menabung untuk kehidupan di masa depan! - Who Is Next

Hot

Rabu, 07 Agustus 2019

Pentingkah menabung untuk kehidupan di masa depan!

ilustrasi tabungan

Berbagai opini di masyarakat kita saat ini bahwa menabung adalah tidak penting, karena yang namanya hidup kita tidak pernah tau, daripada cape letih dan lelah mengumpulkan uang untuk masa depan, lebih baik dinikmatin saja untuk sekarang. baiklah sobat BeBa, kali ini kami akan membagikan berbagai pengetahuan dan logika tentang seberapa pentingkah menabung untuk kehidupan di masa depan! atau mungkin kita sebut tabungan rencana.

1.    Memahami Takdir dengan baik.
dalam kehidupan seseorang yang mempunyai agama, khususnya agama islam, dalam ajaran ahlussunnah wal jamaah seseorang tidak diperkenankan untuk mempasrahkan jalan kehidupannya ke dalam sebuah takdir, entah itu dia besok mati atau hari ini mati, pun juga masalah rizki dan jodoh, ketiga hal tersebut adalah ketentuan dari yang Maha Kuasa, namun Allah Swt, akan melihat sejauh dan seberapa besar usaha seseorang dalam menjalani dan mencapai sebuah takdir tersebut, ada suatu cerita ketika masa hijrah umat islam dari mekkah ke madinah, kemudian seorang sahabat Nabi yang bernama abdurrahman bin auf yang ketika hijrah tersebut ditawari oleh warga sekitar rumah dan seorang istri, sehingga dia tidak perlu untuk bersusah payah mencari nafkah maupun makan, namun apa jawaban dari sahabat Nabi tersebut, terimakasih atas kebaikan saudara, namun begini saja, mohon tunjukkan saya kemana arah ke pasar, biarkan saya berusaha sendiri.
perlu diketahui bahwa ia merupakan salah seorang sahabat Nabi yang kaya raya, juga ia tidak pelit. Abdurtahman bin Auf menyumbangkan separuh dari kekayaannya. dia menyumbang Uang 60.000 dinar, 500 ekor kuda dan 500 ekor unta, dan ”uang saku” sebanyak 400 dinar untuk tiap prajurit. Abdurrahman bin Auf, seorang hartawan yang memulai usahanya dengan modal nol. Dia lahir tahun 581 M dan wafat tahun 652 M (tepatnya tahun 30 H) dalam usia 72 tahun.

2.    Jaga-jaga untuk hal yang diluar dugaan.
hal ini adalah suatu hal yang sangatlah penting, mengapa menabung sangatlah penting, melihat daripada suatu takdir yang telah kita bahas diatas tadi bahwa ada banyak hal yang nantinya akan terjadi diluar perkiraan kita, sebuah contoh yang tanpa kita sadari telah merencanakan dan menabungnya adalah dengan ikut sebuah program pemerintah yang bernama BPJS, ya, dengan menjadi anggota BPJS kita sebenarnya juga telah menabung untuk hal yang tak terjadi diluar dugaan kita, siapapun tidak ingin yang namanya sakit maupun kecelakaan, namun namanya takdir siapa yang tau, itulah rahasia Allah. mengapa itulah pentingnya kita menabung untuk hal tak terjadi di masa yang akan datang.

3.    untuk membeli berbagai hal yang diimpikan
untuk hal ini sudah dapat dipastikan ada banyak orang diluar sana yang sangat mengidam-idamkan sebuah barang, apalagi kalau kehidupannya pas-pasan, contohnya ingin membeli rumah, tetapi karena dia tidak ingin kredit perumahan, maka usahanya adalah dengan menabung untuk suatu hari nanti bisa membeli rumah secara cash dari tabungannya tersebut.

4.    mencapai sebuah tujuan yang dicita-citakan.
mungkin bukan hanya sebuah tujuan, tetapi ada banyak tujuan yang ingin kita capai dimasa depan, mari kita lihat berbagai contoh betapa pentingnya menabung untuk masa depan, yaitu
- Menikah
siapa yang tak ingin menikah, saya rasa semua orang yang mempunyai hawa nafsu pasti ingin sekali menikah, maka dari itu sobat BeBa, menikah itu butuh biaya besar, maka jangan dikira nikah mudah sekali, makanya menabung.
- Naik Haji
nah, yang ini adalah impian dan cita-cita setiap orang muslim, karena merupakan salah satu bagian dari rukun islam, sehingga bisa kita lihat di TV, besarnya dan kerasnya usaha seseorang untuk bisa menunaikan ibadah haji tersebut. saya pribadi juga ingin sekali naik haji, mohon doanya ya sobat Beba.