Macam-macam Jenis dari Load Bank - Who Is Next

Hot

Selasa, 22 Januari 2019

Macam-macam Jenis dari Load Bank


Load bank merupakan salah satu alat yang digunakan untuk pengetesan kemampuan dari baterai, transformer, ataupun genset. Alat ini berfungsi untuk mengetahui kemampuan transformer atau genset sebelum dioperasikan ke beban listrik secara langsung. Selain itu, alat ini juga digunakan untuk mengetahui adanya perubahan karakteristik pada alat yang di tes apakah sudah sesuai dengan kapasitas yang tertera pada label atau tidak. Load bank juga digunakan untuk mengetahui kestabilan kerja genset pada tingkat pembebanan yang tinggi, kemampuan tegangan listrik pada titik yang dikehendaki, system tekanan minyak dan temperatur mesin genset.  Dengan melakukan tes beban dengan load bank kita bisa mengamati perubahan parameter pada mesin. Beberapa fungsi dari load bank bisa kita lihat pada http://sewatama.com/id/mengenal-ragam-manfaat-load-bank-untuk-operasional-industri/.
Load bank mempunyai banyak jenis. Berikut adalah macam-macam load bank yang perlu untuk kita ketahui:

1.    Dummy load
Dummy load merupakan alat pengetesan genset yang dipakai dengan menggunakan media beban yang berupa air garam dalam konsentrasi tertentu. Larutan garam akan berfungsi sebagai media elektrolit atau elektroda yang kemudian disambungkan pada genset. Cara pengetesannya adalah dengan memasukkan elektroda pada unit genset kedalam larutan elektrolit dan lihatlah konsentrasi garam yang terlarut. Apabila elektroda yang masuk kedalam larutan elektrolit semakin dalam maka nilai beban yang didapatkan semakin tinggi. Keuntungan dari penggunaan dummy load adalah harganya yang relative murah,

2.    Load Bank Grid  Resistor
Load bank grid resistor tersusun dari lempengan plat nikel dengan karakteristik tahanan tertentu sebagai media tes pembebanan. Plat tersebut disusun dengan lapisan isolator yang tahan panas dan dilengkapi dengan blower guna untuk memberikan pendinginan karena pada tes pembebanan plat akan sangat panas. Hasil yang bisa kita amati saat pengetesan adalah apabila kapasitas pengetesan semakin besar maka panas yang dihasilkan juga semakin besar.

3.    Load Bank Heater Element
Load bank element heater terdiri dari elemen heater yang mempunyai kapasitas tertentu untuk mendapatkan nilai pembebanan. Elemen heater tersebut terbuat dari kawat nickeline yang dibungkus dengan gips dan pipa untuk memberikan keamanan saat melakukan pengetesan. Cara kerja dari alat ini adalah mengalirkan udara pada rangkaian alat ini untuk membuang panas yang dihasilkan sehingga pola pengetesan dapat dilakukan secara berkelanjutan. 

Load bank berfungsi sebagai media pengalih beban atau sebagai pembuang beban. Alat ini biasa digunakan pada industri-industri untuk memindahkan beban yang hilang secara tiba-tiba ke unit load bank secara singkat. Untuk itu bisa dikatakan bahwa load bank merupakan solusi listrik untuk industri.

Load bank merupakan salah satu alat yang digunakan untuk pengetesan kemampuan dari baterai, transformer, ataupun genset.