Kalkulasikan Pembelian Anda dengan Memahami Perbedaan Air Conditioner dan Air Cooler Terlebih Dahulu - Who Is Next

Hot

Senin, 08 Oktober 2018

Kalkulasikan Pembelian Anda dengan Memahami Perbedaan Air Conditioner dan Air Cooler Terlebih Dahulu


Agar tak mengalami kerugian, Anda memang harus mengkalkulasi pembelian yang akan dilakukan. Kalkulasi ini sendiri dilakukan dengan melihat banyak indikator seperti kelebihan dan kekurangannya. Nah untuk bisa mendapati data tentang kelebihan dan kekurangan produk maka Anda harus benar-benar memahami perbedaannya. Salah satu pembelian yang perlu Anda kalkulasikan adalah produk pendingin ruangan. Dengan munculnya beragam perangkat pendingin ruangan saat ini maka memang kita harus cermat saat menentukan pilihan. Diantara beragam produk pendingin ruangan yang ada saat ini Air Conditioner (AC) dan air cooler menjadi yang paling diminati publik. Nah untuk itulah memahami perbedaan antara air cooler dan air conditioner sebelum membeli akan sangat penting dilakukan agar pembelian Anda tidak sia-sia.

Apa yang harus kita lakukan untuk bisa mengetahui perbedaan air cooler dan air conditioner? Caranya, kita harus mendapati beberapa data seperti kelebihan dan kekurangannya. Data tentang mekanisme atau cara kerja dari kedua produk ini juga akan semakin membuat kita semakin bisa mendapatkan gambaran perbedaannya. Nah kita mulai saja dengan membahas kelebihan dan kekurangan dari kedua produk ini. Untuk perangkat pertama yang akan kita bahas adalah kelebihan dan kekurangan dari air conditioner. Kelebihan air conditioner atau AC ini antara lain :
  •     Punya kecepatan dalam mendinginkan ruangan.
  •     Menghasilkan udara dingin yang sangat terasa.
  •     Bisa ditempatkan di ruangan manapun, termasuk di tempat tanpa sirkulasi yang baik tanpa memunculkan efek buruk kelembaban
  •     Tidak harus capek-capek mengisi ulang air dingin pada tangki seperti pada produk air cooler.
  • Sementara itu kekurangan dari air conditioner antara lain :
  •     Harganya mahal dan membuat Anda harus merogok kocek yang dalam.
  •     Konsumsi daya listriknya mencapai 500 watt sehingga membuat Anda juga harus bersiap dengan tagihan listrik yang besar.
  •     Perawatannya tidak bisa dilakukan sendiri dan harus menyewa jasa service AC.
  •     Tidak mudah untuk dipindah-pindahkan karena pemasangannya bersifat permanen.
Setelah memahami kelebihan dan kekurangan dari air conditioner, kita lanjutkan pembahasan pada kelebihan dan kekurangan air cooler. Produk yang mulai banyak diminati konsumen ini memiliki kelebihan antara lain :
  •     Harga belinya terjangkau dan tak perlu membuat Anda merogoh kocek yang besar.
  •     Tidak membuat tagihan listrik Anda membengkak karena daya air cooler ini hanya 80-110 watt saja.
  •     Perawatannya bisa dan mudah dilakukan sendiri tanpa bantuan ahli service.
  •     Bersifat portabel sehingga membuat Anda bisa memindah-mindahkan air cooler dengan mudah.
  • Untuk kekurangan dari air cooler antara lain :
  •     Kualitas dinginnya udara tidak sebaik AC.
  •     Tidak cepat mendinginkan ruangan.
  •     Supaya terhindar dari efek buruk kelembaban, maka air cooler diharuskan ditempatkan di ruang dengan sirkulasi udara yang baik.
  •     Tergantung pada persediaan air dingin pada tangki bila ingin terus digunakan. 

Susudah mengetahui dan memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing produk, mari kita lanjutkan pembahasan kita dengan menjabarkan mekanisme kerja kedua perangkat ini. Untuk mekanisme kerja dari air conditioner adalah diawali dari penyerapan atau penyedotan udara panas oleh kipas yang biasanya berada di luar ruangan. Nah setelah disedot, udara panas akan dialirkan ke kumparan yang mengandung beberapa senyawa seperti klorofluorkarbon (CFC), hidroklorofluorkarbon (HCFC) serta perfluorokarbon (FC). Di kumparan inilah terjadi konversi yang mengubah udara panas menjadi dingin untuk kemudian dihembuskan ke ruangan. Sementara itu untuk mekanisme kerja air cooler adalah dengan memanfaatkan keberadaan air dingin atau es pada tangki. Jadi air dingin pada tangki ini oleh air cooler akan diubah menjadi uap dan kemudian dihembuskan ke ruangan. Air cooler sendiri bekerja dengan meningkatkan kelembaban udara di ruangan secara terus-menerus hingga suhu terasa lebih sejuk.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai perbedaan AC dan air cooler. Dengan memahami bedanya air cooler dan air conditioner maka kita tidak akan binggung lagi dengan pertentangan air cooler vs air conditioner. Tidak hanya itu, dengan memahami perbedaan air cooler dan air conditioner maka akan membuat kita bisa terhindar dari kerugian karena telah melakukan pembelian produk pendingin ruangan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.