Alasan Yang Membuat Kamu Belum Layak Membeli Rumah Sendiri - Who Is Next

Hot

Jumat, 21 April 2017

Alasan Yang Membuat Kamu Belum Layak Membeli Rumah Sendiri

Semangat dan jiwa muda yang menggebu – gebu di dalam darah anak muda masa kini membuat mereka sangat antusias untuk mempersiapkan diri menyambut masa depan. Tidak sidikit anak muda berusia 20 hingga 35 tahunan yang sudah memiliki niat untuk membeli rumah sendiri dengan alasan mempersiapkan masa depan lebih baik. Ada yang sudah memulainya dengan menabung untuk membeli tanah kavling di agen jual tanah atau bahkan beberapa diantara mereka ada yang suadah mulai menyicil KPR atau ( Kredit Pemilikan Rumah .

Saat ini cukup banyak anak muda kreatif yang sudah bisa memiliki penghasilan sendiri sehingga meminilih tabungan dan investasi untuk kebutuhan di masa mendatang. Bagaimana dengan kamu ? apakah kamu sudah memiliki penghasilan di usiamu yang masih muda? kamu sudah memiliki pekerjaan dengan pendapatan yang lumayan? apakah kamu sudah merencanakan upaya untuk membeli rumah?


Sayangnya meskipun sudah ada beberapa anak muda yang mulai menyususn masa depannya. Di luar sana masih ada banyak pula anak muda yang masih berleha – leha untuk memikirkan masa depannya. Bahkan ada beberapa diantaranya yang memiliki pekerjaan dengan pendapatan luamayan namun masih belum bisa membeli rumah ? mengapa bisa demikian ? kemungkinan besar ia memiliki permasalahan atau alasan tertentu yang yang membuat mereka masih belum layak untuk beli rumah. Berikut beberapa diantaranya kondisi yang menyatakan mereka masih belum layak untuk beli rumah :

·         Tidak Memiliki Tabungan
Membeli rumah atau tanah di agen jual tanah dan rumah memerlukan dana yang tidak sedikit. Meskipun kamu memiliki pendapatan rendah sekalipun bila kamu rajin menabung kamu akan memiliki dana untuk membeli rumah di masa mendatang. Meskipun nilainya sedikit, namun bila dilakukan secara rutin tetunya jumlahnya akan terus bertambah banyak. Bila perlu tentuka target menabung setiap hari, mingian atau bulanan untuk mendisiplinkan diri menabung untuk masa depan.

Biaya uang muka, perawatan, cicilan dan biaya kebutuah lainnya yang terduga bisa kamu atasi dengan menggunakan uang tabungan tersebut. Bila kamu masih belum mulai untuk membuka tabungan atau membuat tabungan khusus untuk biaya beli rumah di agen jual tanah dan rumah mungkin rumah memang belum menjadi prioritas utamanmu.

·         Riwayat Kredit Dan Utang Buruk
Memiliki kebiasaan buruk menunggak untuk membayar tagihan kartu kredit, air, listrik dan cicilan lainnya akan membuat kamu memiliki citra yang buruk di mata banyak orang. Catatan seperti ini bisa menjadi salah satu pertanda bahwa kamu memiliki keadaan finansial yang sangat tidak baik.

Ketika kamu menggunakan kartu kredit dengan tidak bijak hal ini akan menimbulkan resiko ditolaka permintaan ajuan KPR yang kamu berikan ke bank. Bisa – bisa impianmu memiliki dan membeli rumah pun pupus sudah. Mulailah untumk membersihkan catatan – catatan buruk tersebut guna memperlancar urusanmu untuk masa depan.

·         Sering Berpindah Pekerjaan
Tak hanya catatan kredit saja yang dipertimbangkan bank untuk memberikan dana KPR. Riwayat pekerjaan dan pendapatanmu pun turut andil menentukan keputusan disetujuai dan tidaknya permoghonan KPR yang kamu ajukan. Bila kamu memiliki kebiasaan berpindah – pindah tempat pekerjaan maka pihak bank akan menyimpulkan bila kamu memiliki potensi pemasukan yang tidak stabil, hal ini dianggap tidak siap oleh bank.

·         Tidak Yakin Dengan Rumah Yang Kamu Butuhkan Dan Inginkan
Untuk seseorang yang sudah mulai fokus menabung dan melakukan upaya untuk beli rumah ia akan memiliki perencanaan yang cukup matang dan mendetail. Mulai dari anggaran hingga spesifikasi rumah yang dibutuhkan dan diinginkan. Bila kamu masih bekum memikirkannya, coba periksa kembali keinginan dan niatmu untuk membeli rumah.

Tipe rumah yang kamu butuhkan bisa membantu kamu menentukan kebutuhan – kebutuhan lainnya yang perlu kamu pesiapkan seperti misalnya besaran anggaran pasti yang harus kamu sediakan, desain dan penataan rumah yang akan kamu terapkan.

·         Belum Memiliki Niat Untuk Menetap
Bila kamu termasuk seseorang yang senang melakukan perjalanan dan mengalami berbagai petualangan serta pengalaman. Kamu tentu tidak akan merasa nyaman ketika kamu harus tinggal menetap di suatu area dalam waktu yang lama. Hal ini berarti membeli rumah bukanlah hal yang tepat untukmu.

Bila kamu sudah mantap menetapkan pilihan untuk membeli rumah kamu akan tinggal dan menetap di suatu kawasan dalam waktu yang lama. Setidaknya kamu akan menetap minimal 5 hingga 7 tahun kedepan.

Bila alasan – alasan dan situasi diatas tengah menggambarkan keadaanmu saat ini, maka kamu belum layak untuk membeli rumah. Namun bila sebaliknya, Selamat !! kamu sudah layak dan mampu untuk membeli rumah sendiri. Segera putuskan pilihan untuk membeli rumah seperti apa, spesifikasi rumah yang bagaimana yang sesuai dengan kebutuhanmu beberapa tahun kedepan, berapa anggaran yang kamu miliki untuk mewujudkan hal tersebut. Putuskan sesegera mungkin agar kamu bisa mendpatkan rumah dengan harga yang lebih murah. Karena kamu belum tentu mendapatkannya dengan harga yang sama di beberapa waktu yang akan datang. Semoga ulasan diatas bisa membantu kamu mengevaluasi diri untuk mempersiapkan diri melakukan perencanaan akan masa depanmu. Terima kasih.