Cara Masuk Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri - Who Is Next

Hot

Jumat, 24 Maret 2017

Cara Masuk Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri







Bagi kalian yang saat ini duduk di bangku SMA terutama kelas XII, sebentar lagi akan lulus dan beberapa dari kalian mungkin akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Berbicara mengenai perguruan tinggi, ada beberapa cara yang bisa dilalui untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) diantaranya:

Pendaftaran jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
Pendaftaran jalur SNMPTN merupakansalahsatu jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia. Cara ini dapat dilakukan jika pihak sekolah sudah bekerja sama dengan pihak universitas yang akan dituju. Cara ini merupakan jalur tanpa test. Siswa yang ingin mendaftar ke PTN melalui jalur undangan ini, cukup dengan melampirkan nilai hasil raport, nilai Ujian Nasional, serta prestasi yang siswa raih selama di sekolah baik itu prestasi akademik maupun non-akademik.

Pendaftaran jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
Jalur ini merupakan jalur seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru di lingkungan Perguruan Tinggi Negeri dengan menggunakan pola ujian tertulis secara nasional. Tes SBMPTN ini terdiri dari SAINTEK (bagi yang memilih jurusan IPA), SOSHUM (bagi yang memilih jurusna IPS) serta IPC (bagi yang memilih jurusan IPA dan IPS.

Pendaftaran jalur mandiri atau UM (ujian Mandiri)
Pendaftaran jalur mandiri ini merupakan sebuah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan ujian atau tes yang di lakukan oleh calon mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh pihak PTN terkait. Pendaftaran jalur mandiri merupakan salahsatu alternatif bagi calon mahasiswa yang sebelumnya tidak lolos tes SNMPTN maupun SBMPTN  agar tetap bisa melanjutkan studi ke PTN. Mekanisme seleksi jalur ujian mandiri hampir sama dengan tes SNMPTN atau SBMPTN, namun soal-soal ujian dikembangkan oleh pihak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masing-masing. Dari segi biaya, ujian mandiri mirip dengan SBMPTN yang mana biaya tes ditanggung oleh masing-masing peserta ujian yang mengikuti tes jalur ujian mandiri.

Untuk kamu yang akan masuk PTN melalui jalur mandiri, ada beberapa hal harus kamu persiapkan seperti memilih universitas serta jurusan dengan bijak, perbanyak latihan soal, mencari informasi dengan bertanya kepada senior, mempersiapkan keperluan selama tes, mendahulukan soal yang mudah, serta meminta restu oraangtua.