Bekal Persiapan Lengkap Sebelum Melahirkan bagi Calon Ibu - Who Is Next

Hot

Rabu, 18 Januari 2017

Bekal Persiapan Lengkap Sebelum Melahirkan bagi Calon Ibu

Sebagai calon ibu yang baru pertama kali pasti Anda bingung apa yang harus dilakukan, untuk itu perlulah tahu persiapan sebelum melahirkan. Sehingga, nantinya Anda bisa menyambut buah hati dengan sempurna dan kelahirannya tanpa halangan sedikitpun. Kalau calon ibu siap, proses kelahiran bayi menjadi lancar dan terkendali. 

Banyak hal yang harus Anda perhatikan saat menanti kelahiran bayi Anda. Persiapan itu mulai dari rumah sakit, alat-alat pribadi pendukung bahkan persediaan makanan selama menunggu kelahiran. Mungkin saja prosesnya panjang, Amda dan bayi membutuhkan perawatan sehingga, memerlukan waktu yang lama di rumah sakit, berikut ulasannya.
foto:konsula.com
Dokter dan rumah sakit
Salah satu persiapan sebelum melahirkan yang paling penting adalah dokter dan rumah sakit. kalau soal dokter, Anda bisa memilih dokter yang memeriksa kehamilan Anda. Sedangkan rumah sakit, pilihlah yang terbaik di kota Anda atau yang bisa menggunakan asuransi kesehatan yang Anda miliki. Rencanakan ini jauh-jauh hari sebelum waktu melahirkan tiba. Kumpulkan semua informasi tentang dokter dan rumah sakit dengan pelayanan terbaik.

Barang-barang yang perlu dibawa
Setelah memilih dokter dan rumah sakit, persiapan sebelum melahirkan adalah membawa barang atau peralatan yang dibutuhkan selama proses persalinan. Jika takut lupa, sebaiknya catat hal-hal di bawah ini dengan lengkap :
•    Pakaian yang nyaman untuk persalinan dan memudahkan proses melahirkan.
•    Minyak untuk memijat Anda, agar lebih santai dan tenang.
•    Jam tangan, penting untuk mengetahui seberapa sering Anda kontraksi.
•    Jepit atau ikat rambut untuk mengikat rambut yang bisa mengganggu Anda saat persalinan.
•    Majalah atau buku yang bisa membuat Anda nyaman dan tenang menjelang persalinan.
•    Peralatan mandi untuk mandi selama di rumah sakit.
•    Pakaian setelah melahirkan selama di rumah sakit.

Persiapan untuk ibu dan bayi
Inilah beberapa hal atau persiapan sebelum melahirkan untuk Ibu dan Bayi setelah melahirkan :
•    Bra khusus untuk menyusui. Siapkan beberapa bra khusus untuk menyusui. Sehingga, Anda bisa menyusui dengan mudah dan nyaman.
•    Pembalut khusus ibu melahirkan. Persiapan sebelum melahirkan yang tak kalah pentingnya adalah membawa 2-3 bungkus pembalut. Sebab, setelah melahirkan ibu akan mengeluarkan banyak darah dan mengganti pembalut setia 1-2 jam sekali.
•    Perlengkapan bayi. Persiapan sebelum melahirkan untuk si kecil adalah popok, selimut, sarung tangan dan kaus kaki bayi. Mungkin ada rumah sakit yang mempersiapkan baju bayi, tak ada salahnya jika Anda membawanya sendiri.